Wednesday, November 15, 2017

Cara Menjahit Belahan Manset Batik

Cara menjahit belahan manset batik

Salam, sudah banyak tutorial yang membahas cara menjahit belahan manset, tetapi hampir semuanya memakai bahan kain polos. Sedikit atau mungkin belum ada yang mengulas bila bahan yang di gunakan adalah kain batik. Berikut ini kami sampaikan cara yang kami pakai. Tujuannya adalah menyamakan motif batik pada belahan manset dengan motif lengan kemejanya.

Seperti yang kita tahu, kelebihan utama kain batik adalah pada motifnya. Penyamaan motif ketika menjahit bahan dari batik haruslah kita usahakan semaksimal mungkin. Karena bisa jadi, motif batik yang asalnya adalah suatu kelebihan, menjadi rusak akibat kesalahan menyamakan motif dan beubah jadi jadi kekurangan batik itu sendiri.

Menyamakan motif batik pada pakaian termasuk gampang-gampang susah. Sebagian batik memang bermotif acak, sehingga mustahil untuk dicocokkan. Tapi bila motifnya memungkinkan untuk dicocokkkan, maka beberapa detail pakaian harusnya bisa di sinkronkan motifnya. Termasuk diantara detail yang harus disinkronkan motifnya adalah pada area belahan manset lengan kemeja.

Belahan manset seringkali kurang mendapat perhatian, dianggap tidak terlalu nampak. Padahal salah satu nilai lebih dari hasil tailoring adalah pada  detail. Itulah yang membedakan hasil tailoring dengan pakaian hasil produksi massal.

Teknik menyamakan motifnya.

Pertama, kita tandai dulu 0.5 cm disisi kanan dan kiri belahan.

Selanjutnya kita siapkan bahan untuk belahan. Samakan motifnya dengan motif pada lengan
Teknik menyamakan motif batik pada belahan mansetTeknik menyamakam motif belahan lengan

Caranya, untuk yang lebar, dari garis awal kita, samakan motifnya ke arah kiri 0.5 cm dan ke arah kanannya sekitar 5 cm. Sedangkan untuk yang kecil, samakan motifnya ke arah kanannya 0.5 cm dan ke arah kiri sekitar 3 cm. Jangan lupa copy garis pada pecahan lengan ke bahan untuh belahannya.

Kita lanjutkan dengan menandai bahan belahan yang kita cocokkan tadi.

 Untuk jatah yang besar, dari garis tadi kita buat garis yang jaraknya pada bagian bawahnya 4 cm dan bagian atasnya 5 cm.

Untuk jatah yang kecil, buat garis rata berjarak 2 cm dari garis awal.

Setelah itu, baru kemudian kita lanjutkan proses menjahitnya seperti biasa.


Demikianlah cara menjahit belahan manset batik dengan menyamakan motifnya yang kami pakai.

Saam Pembelajar

Komentari dengan g+ (dilarang spam)
EmoticonEmoticon