Friday, November 17, 2017

Cara Menjahit Kancing Sembunyi/dalam

Cara menjahit kancing sembunyi

Salam, kancing dalam atau biasa disebut sebagai kancing sembunyi adalah sebuah model rumah kancing yang tidak tampak dari luar. Model kancing ini lazim digunakan untuk kemeja batik, baik yang memakai furing maupun yang tidak. Cara menjahit atau membuat model ini beragam, setiap penjahit punya cara yang bisa jadi berbeda-beda. Teknik yang kami share disini adalah cara yang biasa kami pakai, dimana setiap sela dari tiap lubang kancing/naskatnya kita beri jahitan kuncian.

Perbedaan antara model kancing dalam/sembunyi dan kancing luar, salah satunya, adalah kesan yang diciptakan. Untuk kemeja berbahan polos biasanya untuk menciptakan kesan lebih resmi dan lebih rapi. Sedangkan untuk kemeja berbahan batik, tujuan utamanya adalah untuk menjaga motif batik tetap utuh tanpa terinterupsi oleh warna kancing dan lubang naskat.

Untuk membuat kancing sembunyi ini diperlukan bahan tambahan, diambil dari bahan yang sama dengan bahan kemejanya. Bila kemejanya tidak memakai furing, bahan tambahan ini tinggal kita lipat kedalam untuk kemudian dijahit dari luar. Untuk kemeja furing, bahan tambahannya, selain kita jahit dari luar, juga kita jahitkan ke furingnya.

Teknik pembuatan kancing sembunyi :

Pertama-tama siapkan potongan kemeja yang sudah dilengket dengan interfacing. Sekalian lipat dengan setrika pas bukaan depan. Untuk kampuhnya biasanya sekitar 4 atau 5 cm. Siapkan juga bahan tambahan dengan panjang bahan sama dengan panjang potongan kemejanya, dan dengan lebar sekitar 10 cm. 
Cara menjahit kancing sembunyi
Lebar kampu Tengan depan 4.5 cm dan telah dilipat dengan setrika.

Cara menjahut kancing dalam
Bahan tambahan untuk rumah kancing dengan lebar 10 cm dan panjangya mengikuti panjang kemejanya.

Cara menjahit kancing sembunyi
Lebar bagian yang dilengketi dengan interfacing 6 cm.

Bahan tambahan ini juga dilengketi dengan interfacing yang lebarnya sekitar 6 cm. Jangan dilengketi semua, supaya kancing dalamnya nanti tidak terlalu kaku. Kancing dalam yang terlalu kaku akan menggembung ketika dipakai untuk duduk.

Kemudian jahit kampuh depan potongan kemeja dengan bagian bahan tambahan yang tidak dilengketi interfacing.
Cara menjahit kancing sembunyi
Jahit kampuh depan dengan bahan tambahan.
Biasanya pada proses ini saya ubah setting langkah jahitannya menjadi jarang. Karena jahitan ini hanya jahitan tautan.

Selanjutnya kita lipat bahan tambahan tadi dengan menggunakan setrika (bole juga dilipat dengan jahitan jelujuran)
Cara menjahit kancing sembunyi
Lipat bahan tambahan dengan menggunakan setrika.

Cara menjahit kancing sembunyi
Selisih lipatan kampuh potongan kemeja dengan lipatan bahan tambahan sekitar 0.25 cm.
Agar lipatan kancing dalamnya ini tidak menyalip keluar, juga agar pinggiran bukaan depan tidak terlalu tebal, buat jarak antara lipatan kampuh potongan kemeja dengan lipatan bahan tambahan. Jarak selisihnya sekitar 0.25 cm.

Selanjutnya, tandai tempat lubang kancing. Dan lanjutkan dengan membuat rumah kancingnya.
Cara menjahit kancing sembunyi
Cara menjahit kancing sembunyi
Tandai dan buat lubang/rumah kancingnya.
Kemudian, pada tiap-tiap sela lubang kancing, buat jahitan kuncian. Tujuannya adalah agar nanti ketika dipakai tidak membuka-buka atau ngablak. Jahitan kuncian dijahit dibagian dalam, sehingga tidak akan tampak, baik dari sisi luar maupun dari sisi dalam, Pada lubang kancing paling bawah, jahitan kunciannya diteruskan sampai bawah.
Cara menjahit kancing sembunyi
Mengunci sela-sela lubang kancing dengan jahitan.
Cara menjahit kancing dalam
Setelah dijahit kuncian di tiap sela-sela lubang kancing

Setelah itu, baru kita jahit furingnya ke bahan tambahan ini. Sekalian potong juga bagian pojok dari bahan tambahan agar lipatan bawah tidak tebal.
Cara menjahit kancing sembunyu
Jahit furing ke bahan tambahan fan potong bagian pojok bawahnya.

Kemudian lanjutkan proses menjahitnya seperti biasa. Bagian yang ini kita singkat saja, karena proses menjahitnya tidak ada bedanya dengan kancing luar.

Terakhir, buat garis 3.25 cm dari pinggiran bukaan depan dan buat jahitan diatas garis itu.
Cara menjahit kancing sembunyi
Cara menjahit kancing sembunyi
Jahit 3.25 cm dari pinggiran depan ketika finishing
Demikianlah teknik yang biasa kami pakai untuk membuat lubang kancing dalam. Kalau ada yang masih sulit memahami penjelasan kami diatas, bisa menonton versi video dari cara membuat kancing sembunyi ini, di bawah ini.



Salam Pembelajar.

Komentari dengan g+ (dilarang spam)
EmoticonEmoticon